Kamis, 05 Februari 2015

Resep mudah membuat Cake Pops


Pernahkan teman-teman mempunyai kue sisa yang sudah beberapa hari di kulkas?
Saya pernah, termasuk sering. Karena saya senang mencoba-coba resep, tetapi suami bukanlah tipe pemakan kue.
Awal-awalnya, sisa-sisa kue ini saya buang. Apalagi kalau sudah masuk kulkas dan mengeras. Mau dipanaskan lagi tidak ada microwave, memanaskan pakai oven sepertinya terlalu repot. Akhirnya saya mencari-cari di google, bagaimana memanfaatkan sisa kue ini supaya tidak terbuang percuma dan mubazir.
Akhirnya saya menemukan cake pop. Cake pop adalah kue yang di susun menyerupai permen di tusuk menggunakan stik permen loli. Karena tampilannya yang berbeda sama sekali dengan kue, anak saya pun memakannya dengan lahap dan kue tidak terbuang.


Bahan:
  • 100 gram sisa kue. (kalau saya biasanya menggunakan cake atau brownies coklat. Kue apa saja juga boleh. Dan tidak harus sejumlah 100 gram. Bisa disesuaikan dengan bahan-bahan lainnya)
  • 2 sendok makan olesan cokelat (saya menggunakan selai coklat)
  • white cooking chocolate secukupnya, cincang
  • 100 gram dark cooking chocolate, cincang
  • Meses atau trimit warna warni secukupnya
  • Stik lolipop secukupnya, kalau tidak ada bisa diganti dengan tusuk sate yang di potong.

Cara Membuat:
1. Hancurkan kue dengan cara di cabik-cabik sampai menjadi remahan kecil-kecil. Jangan di remas, karena akan membuat kue susah menyatu dengan bahan lainnya.
cake pop (1)

2. Masukkan olesan/selai coklat sedikit demi sedikit sambil di aduk. Fungsi selai coklat disini agar kue dapat di bentuk bulat-bulat. Banyaknya selai yang diperlukan tergantung jenis kuenya.
3. Ambil sedikit adonan, gunakan sendok kecil, bulatkan sambil agak ditekan. Letakkan di atas loyang. Lakukan sampai adonan habis.
cake pop (3)
4. Masukkan ke dalam kulkas selama 15-30 menit dengan tujuan supaya kue menjadi agak padat. Jangan sampai kue menjadi beku karena akan sulit menusukkan stik lolipop nya.
5. Selama menunggu kue di dalam kulkas, lumerkan white cooking chocolate.
6. Celupkan ujung stik lolipop ke dalam coklat putih cair, biarkan sebentar, lalu tancapkan stik lolipop pada kue. Tancapkan dengan gerakan memutar supaya kue tidak pecah. Lakukan sampai bulatan kue habis. Letakkan cake pop terbalik, lalu masukkan kembali ke dalam kulkas.
cake pop (3)

7. Lumerkan dark cooking chocolate. Keluarkan cake pop dari kulkas, lalu celupkan ke dalam coklat cair dengan gerakan memutar supaya tidak berantakan. Tabur meses/trimit warna warni di atasnya sebelum coklat pelapis mengeras. Lakukan sampai semua cake pop habis. Tancapkan ke atas styrofoam atau wadah khusus untuk cake pop.
cake pop
8. Simpan di kulkas jika belum ingin di konsumsi.
http://anekaresepmasakanpraktis.com/resep-mudah-membuat-cake-pop.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar